Skip to content

TENTANG PENULIS

1Selamat datang,

Ada sebuah anekdot mahasiswa –“kalau pingin asal diterima tes masuk UGM, tulislah Sastra Jawa di kolom pilihan jurusan pertama, niscaya kamu akan diterima di UGM, meskipun lembar jawaban tesmu kamu kosongi “.

Beginilah, atas nama cinta yang sudah terlanjur basah, nguri-nguri budaya yang terpaksa bangga, saya Paksi Raras Alit, Sarjana Sastra Jawa UGM (2002-2009), yang pingin ilmu kuiahnya kanggo…

Cita-cita isi wawiwu ini adalah :

  1. “opini nyaris ilmiah”, yaitu rangkuman apa saja yang diajarkan dosen beserta isi buku-bukunya, tapi jangan pernah mengutip sumbernya, karena namanya juga sebuah pendapat, susah dipertanggung jawabkan.
  2. Kita hindari KLENIK! Daripada kita kuwalat dan kesurupan, mari sedari awal kita sepakati untuk tidak kecemplung ke sana.
  3. Budaya Jawa adalah juga sejarah Jawa, jadi kalau mencong-mencong dan bahkan berbeda dengan versi sejarah lain, ya maaf.  Sejarah = masa lalu = bisa lupa = manusiawi.

Pokoknya jangan terlalu serius, baca saja saat blahbloh, dan semoga bisa menambah sesuatu dalam diri anda. Mohon bantu wujud tanggung jawab terhadap ijazah saya ini, dengan ikhlas membacanya

*komentar, sanggahan, masukan, dan tambahan artikel adalah sangat diharapkan

Rahayu,

*******